Sinopsis dan Review Film Zombie Korea ALIVE 2020 - KPOPULER.COM

Thursday, November 5, 2020

Sinopsis dan Review Film Zombie Korea ALIVE 2020

 



Campusnesia.co.id - Alive merupakan film bertema zombie yang rilis pada 24 Juni 2020. Film ini mengisahkan tentang misi perjuangan hidup dan penyalamatan dari infeksi semacam zombie yang muncul secara misterius di sebuah lingkungan apartemen di Seoul. Alive disutradarai dan naskah di tulis oleh Jo Il Hyeong, merupakan adaptasi dari film Amerika “Alone” (2019) karya Matt Naylor. Meski tayang di masa pandemi, film berdurasi 98 menit ini berhasil melampaui 1 juta penonton hanya dalam waktu 5 hari sejak dirilis.

Pemain Film Korea ALIVE
Yoo Ah In berperan sebagai Oh Jun Woo
Park Shin Hye berperan sebagai Kim Yu Bin
Jeon Baek Su berperan sebagai lelaki paruh baya


Sinopsis Film Korea ALIVE
Suatu hari Jun Woo bangun dan melihat catatan yang ditinggal ibunya bahwa orang tuanya pergi untuk sementara waktu sehingga ia sendiri di rumah. Jun Woo merupakan seorang gamer yang cukup dikenal dan biasa menyiarkan langsung permainannya, pagi itu ia mendapati komentar yang membahas berita di TV. 

Ia pun bergegas menyalakan TV dan mendapati komplek apartemennya telah dipenuhi kepanikan warga karena infeksi virus misterius tengah menyebar disana. Infeksi yang tertular malalui gigitan dan luka ini tidak diketahui asal mulanya, namun jumlah warga terinfeksi yang menunjukkan kanibalisme terus meningkat. Sementara sinyal internet dan telpon yang tidak stabil membuatnya kesulitan berkomunikasi dengan keluarganya. Ditengah keputusasaan beberapa kali ia merekam video dan mengunggahnya, serta membagikan foto sebagai sinyal meminta pertolongan. 

Sementara itu hanya ada persediaan makanan dan air minum seadaanya, pada hari ke-7 air kran mati yang membuatnya semakin berputus asa. Pada hari ke-15 ia sangat merindukan keluarganya hingga begitu sedih setelah tersadar dari halusinasinya. Jun Woo mencoba mencari sinyal untuk ketika mendapat panggilan dari ibunya, namun ia mendengar suara ibu, ayah, dan kakaknya yang berteriak panik karena menghadapi para makhluk yang terinfeksi itu. Hal ini benar-benar membuat Jun Woo terguncang dan begitu marah hingga memutuskan untuk gantung diri.

Hari ke-20, di tengah aksi bunuh dirinya ini, ia mendapati sinar leser masuk ke kamarnya yang membuat ia membatalkan bunuh diri. Jun Woo mengetahui keberadaan Kim Yu Bin (Park Shin Hye) yang masih bertahan di unit apartemen seberang. Mereka mulai berkomunikasi. 

Karena persediaan makanan yang benar-benar menipis, Jun Woo memberanikan diri masuk ke apartemen tetangganya, mengambil beberapa barang berguna hingga mendapat walki-talki yang kemudian ia berikan pada Yu Bin melalui tali yang menghubungkan apartemen mereka. Komunikasi mereka lebih lancar, hingga merencanakan misi penyelamatan bersama.

Menyadari situasi mereka yang semakin tidak aman, berdasarkan pengamatan yang dilakukan Yu Bin, ia mengajak Jun Woo untuk pindah ke tempat lain yaitu lantai 8 apartemen Jun Woo. 

Dalam aksi ini mereka harus melewati kerumunan makhluk terinfeksi, disaat genting ini mereka di selamatkan oleh seorang penghuni apartemen yang masih selamat. Dengan was-was mereka menerima bantuan orang tersebut hingga diberi jamuan. Namun hanya sebatas itu, ternyata lelaki paruh baya tersebut memiliki motif tersembunyi. Yu Bin yang masih waspada menyadari ada hal yang aneh, namun ia kemudian tak sadarkan diri begitu juga dengan Yun Woo.

Yu Bin dimasukkan ke dalam sebuah kamar yang ternyata terdapat sosok istri lelaki tersebut yang telah terinfeksi. Ia sengaja melakukan itu untuk memberi makan istrinya. Yun Woo yang akhirnya tersadar berusaha menyelamatkan Yu Bin. 

Karena suasana di dalam tiba-tiba hening, lelaki ini membuka gembok pintu untuk melihat keadaan di dalam, namun ternyata Yu Bin berhasil bertahan dan pada akhirnya sang istri menyerang lelaki tersebut. Yu Bin pun memberanikan diri menembak mereka. 

Tidak lama terdengar suara helikopter yang berada di dekat komplek apartemen. Mereka berdua nekat keluar menuju atap gedung, tentu saja kumpulan makhluk terinfeksi masih mengejar mereka. 

Sesampainya di atap mereka tidak mendapati keberadaan helikopter hingga mulai berteriak meminta bantuan dengan putus asa. Gerombolan makhluk terinfeksi memasuki atap, dengan pertahanan terakhir Jun Woo menembakinya. Menjadi momen mengharukan, setelah helikopter penyelamat muncul di belakang mereka, dan mereka pun berhasil di evakuasi.

Review Film Korea ALIVE
Sesuai dengan judulnya, film ini menujukkan alur cerita menarik yang berfokus pada usaha pertahanan hidup yang dilakukan Yun Woo dan Yu Bin, terisolasi di apartemen mereka.  Kemampuan akting dari para pemain berpengalaman, yaitu Yoo Ah In dan Park Shin Hye sudah pasti memenuhi ekspektasi. 

Penggambaran karakter yang realistis, terutama ketika Jun Woo belum bertemu Yu Bin cukup membuat penonton dapat merasakan bagaimana perasaan sedih, khawatir, hingga frustasi yang dirasakannya. Meski tidak banyak adegan yang menunjukkan pembunuh  terhadap para makhluk terinfeksi, ketegangan dapat terus dirasakan dalam adegan menyembunyikan keberadaan mereka untuk bertahan. Karakter makhluk terinfeksi juga digambarkan dengan sangat detail dan keganasan yang pasti sukses membuat penonton merasa ngeri. Lagu tema dan efek suara yang mengisi film ini juga membuat suasana menjadi semakin menegangkan.

Bukan film korea pertama yang berkisah tentang perjuangan melawan zombie, sebelumnya ada film Train To Busan 2016 yang dibintangi oleh Gong Yoo dan Ma Dong Seok dan film Rampant 2018 yang dibintangi oleh Hyun Bin, tetapi tetap saja asyik disaksikan dan walau dirilis dala masa pandemi, nyatanya Alive bisa membuktikan bisa meraih 1 juta penonton hanya dalam waktu 5 hari sejak dirilis. Rekomended untuk ditonton pas malam jumat.

Penulis: Ika Shintya
Editor: Nandar

*Artikel ini telah tayang di Campusnesia.co.id

Bagikan artikel ini

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :