Review FIlm Monstrum, Perjuangan Kerajaan Melawan Makhluk Mengerikan Penyebar Wabah dengan Bumbu Politik - KPOPULER.COM

Tuesday, August 4, 2020

Review FIlm Monstrum, Perjuangan Kerajaan Melawan Makhluk Mengerikan Penyebar Wabah dengan Bumbu Politik



Kpopuler.com - Tanpa sengaja saat pindah-pindah channel tv, kemarin 3 agustus 2020 saya menemukan stasiun trans 7 sedang menayangkan film korea berjudul Monstrum. Sudah rilis sejak 12 September 2018 dengan durasi 105 menit.

Film besutan sutradara Heo Jong-ho berhasil meraih pendapatan kotor US$5,5 juta. Ada dua hal yang membuat saya tertarik menonton film ini, pertama tema monster dan perpaduan dengan jaman kerajaan serta ada aktor favorit yotu Choi Woo-shik yang juga bermain dalam film Parasite dan Time to Hunt.

Jajaran Pemain
Monstrum dibintangi oleh Kim Myung-min, Park Hee-soon, Lee Kyoung-young, Kim In-kwon, Hyeri, Lee Kyu-bok, Choi Woo-sik, Hong Ji-yoon. Woo-sik Choi yang pernah bermain di film Train to Busan dan Okja. Masih ada nama In-kwon Kim, Myung-Min Kim dan tentu saja wanita cantik Hyeri Lee yang merupakan anggota dari kelompok musik Girl’s Day.

Sinopsis
Monstrum mengisahkan tentang wabah yang terjadi di masa Joseon dan menimbulkan ketakutan yang merajalela di seantero negeri.

Di tengah itu, rumor kemunculan binatang buas mengerikan atau disebut Monstrum di Gunung Inwangsan mulai menyebar. Rasa takut pun berubah menjadi kepanikan.

Raja Jungjong (diperankan Park Hee-soon) kemudian memanggil orang kepercayaannya, Jenderal Yoon Gyeom (Kim Myung-min) untuk keluar dari masa pensiun dan membantunya mengatasi masalah yang terjadi.

Yoon Gyeom lantas pergi mencari makhluk mengerikan tersebut bersama putrinya, Myung (Hyeri), serta tangan kanannya, Sung Han (Kim In-kwon) dan Heo (Choi Woo-sik).



Review
Saya sendiri masih belum menemukan literasi sejarah walau film Monstrum ini menempatkan embel-embel diangkat dari sejarah nyata. Tapi tidak menguarngi daya tarik filmnya.

Sepanjang film kita akan disajikan Thriller yang menarik, teror dari seekor monster yang mirip singa namun juga kadang mirip gorilla. Menjelang akhir kita akan diberi fakta bahwa makhluk yang meneror rakyat dan menyebarkan wabah bisul ini dahulu adalah hasil persilangan makhluk buas dan unik yang berbeda, sayang tidak disebutkan hewan apa yang dimaksud.

Plot twist disajikan menarik, kenapa sang protagonis akhirnya bisa selamat. Point yang perlu diacungi jempol berikutnya adalah kualitas CGI Monster yang halus sehingga beliveable.

Selain fokus pada cerita melawan makhluk aneh, Monstrum juga dibumbui kisah konspirasi perebutan kekuasaan dan kudeta kerajaan korea. Plot ini membuat jalan cerita semakin menarik tidak monoton menghadirkan thriller teror monster saja.

Rekomended untuk dinikmati sambil bersantai, semoga bermanfaat selamat menonton.

Penulis: Nandar

Bagikan artikel ini

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :