Sinopsis dan Review Film Korea "Start UP" 2019 Ma Dong Seok jadi Koki - KPOPULER.COM

Wednesday, May 27, 2020

Sinopsis dan Review Film Korea "Start UP" 2019 Ma Dong Seok jadi Koki



Kpopuler.com -  Start Up merupakan film yang diadaptasi dari webcomic dengan judul yang sama yang telah dipublikasikan pada tahun 2014-2015. Webcomic ini ditulis oleh Jo Geum San, sedangkan naskah film sekaligus sutradara oleh Choi Jeong Yeol. Proses syuting dilakukan pada 8 Maret – 27 Juni 2019, dan film dirilis pada 18 Desember 2019.

Trailer Film Korea Start Up



Daftar Pemain Film Korea Start Up 
Ma Dong Seok berperan sebagai Geo Seok
Park Jung Min berperan sebagai Go Taek Il
Jung Hae In berperan sebagai Woo Sang Pil
Yum Jung Ah berperan sebagai ibu Taek Il (Yoon Jeong Hye)
Choi Sung Eun berperan sebagai Kyung Joo
Kim Jong Soo berperan sebagai pemilik restauran (Pak Hong)
Kim Kyung Duk berperan sebagai Bae Goo Man
Yoo Kyung Ho berperan sebagai Dong Hwa
Ko Du Shim berperan sebagai nenek Sang Pil


Sinopsis dan Review Film Korea Start Up 
Start up mengisahkan tentang titik balik kehidupan Taek Il yang melarikan diri dari rumahnya karena ia tak ingin hidup seperti keinginan sang ibu. Taek Il bersahabat dengan Sang Pil, mereka  merupakan remaja berumur 18 tahun yang hidup dalam keluarga sederhana. Taek Il tinggal bersama ibunya yang dahulu adalah pemain voli dan kini bekerja di sebuah restoran bersama saudaranya, ia berjuang untuk memunuhi kebutuhan hidup anaknya dan berharap Taek Il untuk melanjutkan sekolahnya hingga kuliah. Namun Taek Il menolak, hingga suatu hari ia memutuskan kabur dari rumahnya. Hubungan Taek Il dengan sang ibu memang bagaikan air dan minyak.

Dengan uang pas-pasan ia nekat pergi tanpa tujuan pasti, hingga sampai lah ia di Gunsan provinsi Jeolla Utara. Dalam keadaan yang tidak disengaja ia bertemu dengan Kyung Joo, seorang gadis tomboi yang bisa dibilang memiliki tempramen buruk dan jago bela diri, Taek Il pun berakhir dipukuli. Saat ia berusaha mengejar Kyung Joo, sampailah Tek Il di restauran Cina, dengan sisa uangnya ia memesan Jajangmyeon seharga 3.000 won.

Keesokan harinya Taek Il kembali ke tempat tersebut dan melihat adanya lowongan sebagai petugas pesan antar. Sang pemilik restoran awalnya menolak karena mengetahui kondisi Taek Il yang kabur dari rumah, namun akhirnya ia justru menerima karena khawatir melihat kondisinya. Taek Il bekerja bersama Goo Man  dan Geo Seok sebagai sang koki yang masing-masing memiliki karakter unik. Geo Seok memiliki tubuh besar, rambut gondrong, dan terlihat menakutkan, namun selalu menyanyikan lagu Twice. Goo Man terlihat seperti pria pengecut dan ceroboh yang pelupa. Mereka tidur bersama di rumah sang pemilik restauran tersebut, namun Taek Il dan Geo Seok tak pernah akur, namun sebenarnya saling peduli, disinilah lucunya hubungan mereka.

Sementara Sang Pil mendapat tawaran pekerjaan dari kenalannya, Dong Hwa, yang ternyata bekerja pada seorang rentenir, yang mereka sebut Global Finance. Sang Pil merasa tak cocok dengan pekerjaannya, namun temannya terus meyakinkan, dan karena kondisi keuangan Sang Pil berusaha bertahan. Sang Pil hanya hidup berdua bersama sang nenek yang mengalami dimensia di usia tuanya. Hingga suatu hari ia harus menagih uang ke seorang pemilik toko yang terlihat seperti pecandu alkohol, Sang Pil terluka karena dipukuli. Merasa mendapat perlakuan yang tak adil, dengan penuh amarah keesokan harinya ia kembali ke tempat tersebut untuk balas dendam, disinilah ia mulai merasa pekerjaannya benar-benar tidak cocok dengannya. 

Taek Il mendapat telpon dari Sang Pil yang mengabarkan kalau ibunya terlihat membicarakan hal serius dengan beberapa orang kenalan di pinggir jalan. Meski Taek Il bersikap tak acuh, namun setelah mendapat gaji pertamanya, ia pulang ke rumah. Ia meninggalkan gajinya untuk sang ibu. Ibunya mulai membuka toko roti bakar, bertemu dengan ibunya, perdebatan pun mulai terjadi, Taek Il kembali ke restauran Cina. 

Kyung Joo tinggal bersama dua orang wanita yang sebelumnya ia temui di sauna, mereka menyewa tempat tinggal bersama. Suatu hari dua wanita tersebut berada di tempat tinggal mereka dengan membawa dua teman pria. Kyung Joo yang tak menyukainya menyuruh pria tersebut pergi, dengan beraninya ia mulai melawan pria itu, namun ia tak berdaya dan melarikan diri. Hingga sampailah ia di dekat restauran Cina, Taek Il masih kesal pada Kyung Joo mulai mengejarnya saat melihat ia berlari, dalam situasi rumit ini, Taek Il dan Goo Man justru menyelamatkan Kyung Joo. 

Beberapa hari kemudian Kyung Joo kembali ke restauran Cina dan bekerja paruh waktu disana, sang pemilik restauran menyuruhnya tidur di kamar almarhum putrinya. 

Pria tempo hari yang mengejar Kyung Joo kembali ke restautan dengan membawa beberapa teman, terjadilah kekacauan di restauran. Geo Seok yang dari awal hanya diam mencari aman, kali ini turun tangan ikut melawan mereka. Polisi datang, orang-orang tersebut akhirnya ditangkap karena kasus perdagangan seks, sedangkan polisi mengenali Geo Seok. Terungkaplah masa lalu Geo Seok. Dulu ia tak sengaja datang ke restauran setelah membunuh orang, Geo Seok menyelamatkan pemilik restauran yang mencoba bunuh diri setelah kematian putrinya. 

Sang Pil dan Dong Hwa mendapat teguran dari bos mereka. Jika masih tidak dapat melakukannya ia diminta untuk belajar lagi.

Sekelompok orang mendatangi Geo Seok ke restauran Cina, mereka adalah orang-orang kenalannya di masa lalu yang meminta Geo Seok untuk kembali ke kelompok mereka. Karena tak ingin terjadi hal buruk dengan restauran, ia akhirnya memutuskan untuk pergi.

Sang Pil melihat tempelan di toko roti milik ibu Taek Il yang mengatakan kalau bangunan ilegal akan segera di robohkan. Toko ini termasuk bangunan ilegal. Sang Pil menghubungi Taek Il. Kondisi restauran yang kacau, membuat bos mengatakan untuk libur selama seminggu. Taek Il dan Kyung Joo pun menemui ibu Taek Il. Namun sekali lagi terjadi perdebatan diantara mereka.

Taek Il menelpon Geo Seok untuk meminta bantuan, namun Geo Seok sedang dalam urusannya mengatasi kelompok lain yang mengancam kelompoknya dulu. 

Sang Pil kembali bekerja, kali ini ia pergi bersama sang bos dan temannya. Bos memutuskan untuk pergi ke tempat ibu Taek Il. Sang Pil yang mengetahui hal ini tak bisa melakukan apa-apa. Taek Il juga ada disana, terjadilah perkelahian yang tak dapat dihindari karena uang gaji pertama Taek Il yang diambil paksa. 

Pertemuan Geo Seok berakhir dengan perkelahian namun ia menakuti orang-orang disana meski akhirnya ia tertusuk pisau. Geo Seok dijemput kenalannya, mereka berhenti di sebuah restauran dan Geo Seok memasak Jajangmyeon untuk makan malam mereka. Ia menyadari bahwa pekerjaannya sebagai koki yang paling cocok dengannya.

Toko pun dihancurkan. Taek Il dan ibunya juga harus segera pindah rumah karena rumah tersebut juga bangunan ilegal. Mereka pun sementara pindah ke rumah Sang Pil bersama sang nenek. Sembari menunggu pesanan ayam, mereka mengupas kacang bersama. Pesanan ayam datang, ternyata Dong Hwa telah berhenti bekerja dan membuka restauran ayam, dan merasa dirinya kini memiliki pekerjaan yang lebih cocok dengannya.

Geo Seok mengajari Goo Man menjadi koki. Restauran pun kembali buka. Kyung Joo kembali bersekolah dan tinggal disana. Adegan terkahir ditutup dengan Taek Il membawa sang ibu untuk pergi jalan-jalan dengan motornya. Hubungan mereka pun mulai membaik.

Film ini disutradarai oleh Choi Jeong-Yeol, skenario ditulis oleh  Jo Geum-San (webcomic), Choi Jeong-Yeol. Tayang di korea pada 28 Desember 2019 dengan durasi 102 menit. Start Up menghabiskan biaya produksi  ₩9 billion atau sekitar (US$7.3 million) dan berhasil mendulang pemasukan  $22,715,614 box office.

Start Up Menghadirkan persahabatan dan perjuangan dari masing-masing tokohnya, secara akting tidak perlu diragukan lagi. Rekomeded untuk ditonton.

Penulis: Ika Shin Hye

Bagikan artikel ini

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :