Konspirasi Budaya itu Bernama Korean Wave - KPOPULER.COM

Tuesday, November 19, 2019

Konspirasi Budaya itu Bernama Korean Wave




Kpopuler.com -- Sobat penikmat pop culture seperti Kpop, Drama dan Film baik yang baru atau kawakan. Pernahkah berfikir semua seakan kebetulan "tiba-tiba" semua hiburan itu datang begitu saja?

Kalau iya, maka jawabannya adalah salah. Semua produk tentang "korea-korea-an" itu tidak datang begitu saja. Semua "by design" dalam sebuah skenario besar bernama "korean wave".

ads

Korean Wave atau Hallyu
Dimulai dari tahun 1990 Drama Korea mulai digemari dan populer di China dan Asia Tenggara. 

Pada tahun 2003 serial TV Korea berjudul Dae Jang-geum (Jewel in the Palace) dengan setting pada masa dinasti Joseon berhasil menyihir penonton global hingga akhirnya diekspor ke 91 negara termasuk Indonesia.

Diikuti dengan hype boy band dan girl band generasi tahun 2000an seperti Super Junior, Bigbang dll.

Hiburan menjadi semacam "entri point" untuk penyebaran budaya yang lain. Seperti bahasa, pakaian tradisional, makanan dan minuman.

Yang tidak boleh dilewatkan adalah bisnis yang mengirinya. Kalau anda sering melihat iklan-iklan home shoping, mayoritas produk yang dipasarkan berasal dari korea.

Belum lagi bicara wisata, tidak hanya tempat-tempat wisata mainstream, lokasi syuting drama pun bisa jadi destinasi wisata.

Tentu produk kecantikan dan kesehatan, otomotif dan bisnis mengikuti kemudian.

Kesimpulan
Maraknya berbagai hiburan, produk makanan dan budaya pop cultre korea yang ada di sekitar kita bukanlah sebuah hal yang terjadi begitu saja tetapi memang bu design dan durancang sedemikian rupa bukan hanya pelaku industrinya tetap juga pemerintahnya.

Kini korea sudah memdunia dengan segala ciri khasnya lewat Korean Wave. Mustinya indonesia bisa belajar dalam hal serupa sehingga bisa mendunia juga.

Penulis: Nandar

Bagikan artikel ini

Silahkan Tinggalkan Komentar Anda :